BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang masalah
Di lihat dari segi tu gasnya ,seorang guru sangatlah mempunyai
bermacam- macam tugas yang antara satu dengan yang lainya harus terpenuhi
secara proposional,dan dalam tugas yang di embanya tersebut tentunya mempunyai prinsip tujuan dan manfaat yang lain pula. Di
antaranya adalah peran guru sebagai pengelola kelas yang dalam peranan tersebut
memiliki dampak yang sangat kuat terhadap proses dan hasil pembelajaran,oleh karena
itu pemakalah akan memaparkan sedikit
tentang peran guru sebagai pengelola kelas.
B.
Rumusan
masalah
1.
Apa
pengertian pengelolaan kelas ?
2.
Apa fungsi
pengelolaan kelas ?
3.
Bagaimana
peranan guru dalam pengelolaan kelas ?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
pengelolaan kelas
Menurut Made Pidarta, Pengelolaan kelas
ditinjau dari pengertian lama dan
pengertian baru sebagai berikut:
1. Pengertian lama
1. Pengertian lama
Pengelolaan kelas adalah mempertahankan
ketertiban kelas
2. Pengertian baru
2. Pengertian baru
Pengelolaan kelas adalah proses seleksi dan menggunakan
alat-alat yang tepat terhadap problem dan situasi pengelolaan kelas. Guru
bertugas menciptakan, memperbaiki, dan memelihara organisasi kelas sehingga
individu dapat memanfaaatkan kemampuannya, bakatnya, dan energinya pada
tugas-tugas individual
Menurut Muljani A. Nurhadi, Pengelolaan kelas
merupakan upaya mengelola siswa di kelas yang dilakukan untuk menciptakan dan
mempertahankan suasana (kondisi) kelas yang menunjang program pengajaran dengan
jalan menciptakan dan mempertahankan motivasi siswa untuk selalu terlibat dan
berperan serta dalam proses pendidikan di sekolah.
Dari semua uraian di atas dapat
disimpulkan bahwa pengelolaan kelas adalah upaya yang dilakukan guru dalam
mengelola anak didiknya di kelas dengan menciptakan atau mempertahankan suasana
atau kondisi kelas yang mendukung program pengajaran untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan.[1]
B.
Fungsi Pengelolaan Kelas
1. Fungsi pengelolaan kelas secara umum
Pengelolaan kelas dan pengelolaan pengajaran
adalah kegiatan yang sangat erat kaitannya, namun dapat dan harus dibedakan
satu sama lain karena tujuannya berbeda. Kalau pengajaran mencakup semua
kegiatan yang secara langsung dimaksudkan untuk mencapai tujuan khusus
pengajaran, maka pengelolaan kelas menunjukkan kepada kegiatan – kegiatan yang
menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses
belajar mengajar.
2. Fungsi
pengelolaan kelas secara khusus
Untuk lebih jelasnya fungsi pengelola kelas
secara umum di atas, maka di bawah ini penulis akan mengemukakan fungsi
pengelolaan ditinjau dari beberapa problema sebagai berikut:
Memberikan dan
melengkapi fasilitas kelas untuk segala maacam tugas antara lain: Membantu
pembentukan kelompok, Membantu kelompok dlam pembagian tugas, Membantu kerja
sama dalam menemukan tujuan-tujuan kelompok, Membantu individu agar dapat
bekerja sama dalam kelompok atau kelas, Membantu prosedur kerja, merubah
kondisi kelas.
Memelihara
tugas agar dapat berjalan lancar antara lain: Mengenal dan memahami kemampuan murid, Mempengaruhi
kehidupan individu, terutama dengan teman-teman sebaya dalam kelas, Organisasi
sekolah dapat membantu memelihara tugas- tugas, Mampu menciptakan iklim belajar
mengajar berdasarkan hubungan manusiawi yang harmonis dan sehat.[2]
3. Peran guru
sebagai pengelola kelas
Daalam perananya sebagai pengelola
kelas(learning manager)guru hendaknya mampu mengelola kelas sebagai lingkungan
belajar serta merupakan aspek dari
lingkungan sekolah yang perlu di rganisasi. Lingkungan ini di atur dan di awasi
agar kegiatan-kegiatan terarah kepada tujuan-tujuan pendidikan. Pengawasan
terhadap belajar lingkungan itu turut
menentukan sejauh mana lingkungan tersebut menjadi lingkungan belajar yang
baik. Lingkungan yang baik ialah yang bersifat menantang dan merangsang siswa
untuk belajar, memberikan rasa aman dan kepuasan dalam mencapai tujuan.
Kualitas
dan kuantitas belajar siswa di dalam kelas bergantung pada banyaknya
factor,antara lain ialah seorang guru,hubungan pribadi antar siswa di dalam
kelas,serta kondisi umum dan suasana di dalam kelas.
Sebagai
manager guru bertanggung jawab memelihara lingkungan fisik kelasnya agar
senantiasa menyenangkan untuk belajar dan mengarahkan atau membimbing
proses-proses imtelektual dan social di dalam kelasya, dengan demikian guru
tidak hanya memungkinkan siswa bekerja dan belajar tetapi juga mengembangkan
kebiasaan bekerja dan belajar secara efektif di kalangan siswa.
Tanggung
jawab yang lain sebagai manager yang penting bagi guru ialah membimbing
pengalaman-pengalaman siswa sehari-hari ke arah self directed behavior. Salah
satu menejemen kelas yang baik ialah menyediakan kesempatan bagi siswa untuk
sedikit demi sedikit mengurangi kebergantunganya pada guru sehingga mereka
mampu membimbing kegiatanya sendiri. Siswa harus belajar self control dan self
activity melalui proses bertahap. Sebagai manager guru hendaknya mampu memimpin
kegiatan belajar yang efektif serta efisien dengan hasil optimal. Sebagai
menejer lingkungan belajar,guru hendaknya mampu mempergunakan pengetahuan
tentang teori belajar mengajar dan teori perkembangan sehingga kemungkinan
untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang menimbulkan kegiatan belajar
pada siswa akan mudah di laksanakan dan sekaligus memudahkan pencapaian.[3]
Jika di sebutkan secara perinci tugas guru
sebagai pengelola kelas adalah melaksanakan
administrasi kelas, melaksanakan presensi kelas, memilih strategi dan metode
pembelajaran yang efektif[4]
.
BAB
III
PENUTUP
Setelah
pemakalah menjabarka secara luas di atas maka sekarang pemakalah akan mengambil
sebuah kesimpulan dari penjabaran tersebut:
1.
Pengetian dari pengelolaan kelas adalah upaya yang dilakukan guru dalam mengelola anak didiknya di kelas dengan
menciptakan atau mempertahankan suasana atau kondisi kelas yang mendukung
program pengajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan,
2. fungsi pengelolaan kelas adalah menunjukkan
kepada kegiatan – kegiatan yang menciptakan dan mempertahankan kondisi yang
optimal bagi terjadinya proses belajar mengajar.
3. peran guru dalam pengelolaan kelas adalah melaksanakan
administrasi kelas, melaksanakan presensi kelas, memilih strategi dan metode
pembelajaran yang efektif.
DAFTAR PUSTAKA
Suparlan,2006, guru sebagai
profesi;Yogyakarta:hikayat publishing
Uzer Usman Moh, 1999, Menjadi Guru
Profesional, bandung:PT Remaja Rosdakarya.hal 10
![]() |
MAKALAH
PERAN
GURU SEBAGAI PENGELOLA KELAS
Makalah ini di susun untuk
memenuhi tugas mata kuliah “etika profesi keguruan” 

Di susun oleh:
Hawin : 210310089
Dosen pengampu :
EDI MAHFUD
Jurusan: tarbiyah
Prodi: PAI
Semeter: VI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGRI
(STAIN) PONOROGO)
2012/2013
![]() |
[1] http://www.majalahpendidikan.com/2011/06/definisi-pengelolaan-kelas.html di akses pada
14 april 2013
[2] http://akitephos.wordpress.com/2010/02/08/makalah-peran-guru/#more-31 di
akses pada 14 april 2013
[3] Uzer Usman
Moh, 1999, Menjadi Guru Profesional, bandung:PT Remaja Rosdakarya.hal 10
[4] Suparlan,2006,
guru sebagai profesi;Yogyakarta:hikayat publishing.hal 38.
0 komentar:
Posting Komentar