like




Selasa, 16 Oktober 2012

Prinsip-prinsip Penilaian Berbasis Kelas dan KKM



Nama : Hawin
Kelas  :TB.C
NIM   :210310089
Prinsip-prinsip Penilaian Berbasis Kelas

1.             Penilaian berbasis kelas merupakan sebuah kegiatan pengumpulan dan penggunaan informasi tentang proses dan hasil belajar untuk mengukur tingkat penguasaan siswsa terhadap kompetensi yang telah diajarkan didalam kelas yang dilakukan karena dilatarbelakangi beberapa fungsi dan tujuan sehingga dapat diketahui seberapa besar tingkat keberhasilan ataupun kegagalan dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru dalam ruang lingkup kelas.
2.             Terdapat perbedaan pendapat antara para ilmuan dalam memberikan klasifikasi tentang prinsip-prinsip penilaian berbasis kelas,tetapi prinsip-prinsip tersebut jika dikaitkan dengan rencana penerapan kurikulum berbasis kompetensi atau kurikulum tahun 2004 adalah sebagai berikut:
§    Tujuan program pembelajaran setiap mata pelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik berdasarkan kompetensi atau kurikulum 2004.Tujuan tersebut berupa standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator pencapaian hasil belajar.
§    Standar keberhasilan yang harus dicapai oleh peserta didik berdasarkan kriteria yang dijadikan rujukan.
§    Penilaian berbasis kelas sebagai penilaian internal yang dilakukan oleh guru merupakan bagian integral dari penilaian eksternal yang dilakukan oleh pihak lain seperti ujian akhir nasional.
§    Model penilaian berbasis kelas menitik beratkan pada aspek perbaikan mutu pengajaran bagi guru dan pembelajaran bagi peserta didik dikelas dengan berpedoman pada rambu-rambu kurikulum.
§    Pemanfaatan hasil penilaian berbasis kelas akan sangat beragam dari satu penilai dengan penilai yang lain, sehingga setiap penilaidalam melakukan perbaikan mutu pengajaran dam pembelajaran berbeda satu dengan yang lainnya

KKM
(kriteria ketuntasan minimal)
1.      Pengertian Kriteria
Istilah “kriteria” dalam penilaian sering juga dikenal dengan kata “tolok ukur” atau “standar”. Dari nama-nama yang disebutkan tersebut dapat segera dipahami bahwa kriteria, tolok ukur, standar adalah sesuatu yang digunakan sebagai patokan atau batas minimal untuk sesuatu yang diukur. Kriteria atau standar dapat disamakan dengan “takaran”.
2.      Pengertian Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Ketuntasan Minimal adalah kriteria ketuntasan belajar (KKB) yang ditentukan oleh satuan pendidikan. KKM pada akhir jenjang satuan pendidikan untuk kelompok mata pelajaran selain ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan nilai batas ambang kompetensi
3.      Langkah-langkah Penetapan KKM
·      Guru atau kelompok guru menetapkan KKM mata pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake peserta didik.
·      Hasil penetapan KKM oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah.
·      KKM yang ditetapkan disosialisaikan.
·      KKM dicantumkan dalam LHB.
4.      Penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal
·      Tingkat kompleksitas.
·      Kemampuan sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran   pada masing-masing sekolah.
·      Tingkat kemampuan (intake) rata-rata peserta didik di sekolah yang bersangkutan.


0 komentar:

Posting Komentar